8 jenis web browser alternatif untuk pengguna Linux

2:12 AM
 8 jenis web browser alternatif untuk pengguna Linux
Tidak diragukan lagi, Firefox adalah web browser paling populer dikalangan pengguna Linux, banyak macam-macam browser alternatif yang tersedia untuk Linux. Jika kamu bosan dengan Firefox atau butuh browser lainnya.

Berikut adalah 8 browser alternatif yang dapat anda coba menggunakan Linux favorit anda.

1. Chromium
Sejak dirilis pada akhir tahun 2008, Google Chrome Browser dan saudara Opensource-nya yaitu Chromium dengan cepat menggeser kepopuleran Firefox pada sistem Linux. Chromium sudah tersedia dalam repositori Ubuntu dan untuk Google-Chrome anda dapat men-downloadnya langsung dari Google . Chromium telah dianggap Canonical sebagai pengganti Firefox sebagai browser default di Ubuntu.

2. Epiphany
Epiphany adalah browser default untuk desktop GNOME.
Tujuannya adalah untuk memungkinkan pengguna untuk berkonsentrasi pada konten dan bukan aplikasi browser Web. Ketika anda menginstal Epiphany, anda akan terkejut dengan seberapa baik kerjanya. Untuk mendapatkan pengalaman penuh, pastikan anda menginstal paket-ekstensinya juga. Paket ini crash serius ketika mencoba untuk melihat Flash atau situs dengan Javascript yang berat.

3. Opera
Opera adalah Web Browser Closed-Source yang cukup diminati banyak pengguna dan merupakan salah satu browser yang paling kontroversial yang tersedia untuk Linux. Browser ini dilengkapi banyak fitur.
Browser ini telah digunakan oleh lebih dari 350 juta pengguna di seluruh platform termasuk PC, smartphone dan tablet. Versi native Linux dapat didownload dari situs Opera. Ada 32-bit dan versi 64-bit. Untuk menginstalnya pada Ubuntu, Anda dapat opt baik file deb dari Ubuntu Software Centre atau menginstalnya dari command line.

4. Midori
Midori adalah web browser yang dibuat khusus untuk kecepatan dan ringan. Memiliki folosofi yang sama dengan XFCE, yaitu desktop environment untuk Unix seperti Linux, Solaris atau BSD. Xfce sendiri didesain untuk produktivitas, meload dan mengeksekusi aplikasi secara cepat, dan menggunakan resources sistem yang rendah. Browser ini merupakan browser default untuk Bdhi Linux & Elementary OS, dan merupakan web browser open source yang memiliki interface yang bersih serta sederhana.

5. Arora
Arora mungkin belum selengkap Firefox, Google Chrome, Opera dan Safari namun Arora sudah cukup memenuhi ekspektasi para web surfer yang menginginkan browser yang ringan dan cepat. Meski masih versi awal, Arora sudah menunjukkan kelasnya sebagai salah satu browser pilihan. Arora sudah langsung dilengkapi dengan adsblock untuk menghilangkan iklan-iklan, terutama yang berbasis flash. Caranya juga mudah, hanya perlu memilih menu tools adblock dan kemudian memberikan tanda centang. Jika flash masih menari-nari meski adblock sudah diaktifkan, coba klik menu refresh.

6. Konqueror
Konqueror adalah sebuah browser web untuk sistem operasi Linux berbasis KDE. Browser web ini adalah browser web standar pada Linux. Selain bisa digunakan unytuk menjelajah web, Konqueror ini juga dapat digunakan untuk menjelajah isi komputer dan juga bisa digunakan menjadi penampil dokumen universal.
Konqueror mengkombinasikan Web Browsing, File Manager dan Universal Viewing App dimana kita dapat membuka dokumen tanpa harus membuka program lainnya. Konqueror juga sudah menyediakan built in FTP. Cocok bagi pengguna Linux yang menginginkan Multitasking dan memanage file langsung dari Browser.

7. Slimboat
SlimBoat adalah browser web gratis yang cepat, aman dan penuh dengan fitur canggih. Browser ini cepat untuk startup dan cepat untuk membuka situs web favorit Anda. SlimBoat membantu Anda menjelajahi internet dengan aman, dengan cara memasukkan beberapa lapisan tindakan perlindungan yang kuat. SlimBoat didasarkan pada mesin ringan render WebKit dan tersedia untuk berbagai platform dan sistem operasi.

8. QupZilla
QupZilla menyajikan fitur antarmuka yang cukup sederhana sehingga user-friendly bagi pengguna baru. Dari segi fitur dan fungsionalitas browser ini memiliki berbagai tool yang terdapat pada browser standart seperti google chome dan mozilla, namun pihak QupZilla mengklaim produk mereka browser teringan dari keduanya karena hanya menggunakan sedikit sumber daya komputer. Seperti browser pada umumnya QupZilla juga memiliki menu standar seperti boomark, history, cookies & cache dll.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »